Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » KPU Kota Magelang Gelar Simulasi Pungut-Hitung Pemilu 2019

KOTA, kabarMagelang.com__Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara menjelang perhelatan Pemilu 2019, di Alun-alun Kota Magelang, Kamis (28/3). Simulasi ini untuk mempersiapkan para pemilih dan penyelenggara agar proses pungut-hitung berjalan lancar. 

"Pemilu tinggal 22 hari lagi, pemilih dan penyelenggara harus cermat karena pertama kali Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) diselenggarakan serentak," jelas Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron, disela-sela kegiatan. 

Basmar memaparkan pada tahapan pungut-hitung Pemilu 17 April 2019 di setiap TPS disediakan lima kota suara dan lima surat suara yang akan dicoblos pemilih, yakni surat suara Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Tahapan ini merupakan proses baru bagi penyelenggara. 

Oleh karena itu, simulasi ini perlu dilakukan guna mengurangi kesalahan. Simulasi yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB dan ditargetkan selesai pukul 21.00 WIB itu sekaligus untuk memetakan potensi kesalahan di setiap tahapan. 

"Kami harapkan dukungan semua pihak agar pada saat hari H, seluruh tahapan berjalan lancar, potensi kesalahan nol," imbuhnya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina, mengapresiasi pelaksanaan simulasi tersebut guna menyongsong pesta demokrasi 2019. Simulasi dinilai penting sebagai gambaran situasi sebenarnya pada tahapan pungut-hitung. 

"Pemilu 2019 penuh tantangan karena menggabungkan Pileg dan Pilpres, tentu menjadi pengalaman baru bagi pemilih maupun penyelenggara. Sehingga butuh kecermatan dan waktu yang lebih," ungkap Windarti saat membacakan sambutan Walikota Magelang Sigit Widyonindito. 

Pada tahapan itu, lanjutnya, penyelenggara harus bekerja ekstra, mulai dari persiapan, pemungutan suara, perhitungan suara hingga rekapitulasi. Pihaknya meminta agar dipersiapkan sebaik mungkin secara fisik dan mental. 

Berkaca dari tahun sebelumnya, penyelenggaran Pemilu dan Pilkada serentak di Kota Magelang selalu berjalan lancar. Bahkan angka partisipasi pemilih mencapai 77,64 persen, melebihi target pemilih nasional sebesar 77,5 persen. 

"Maka saya optimistis Pemilu 2019 di Kota Magelang dapat mengulang sukses Pemilu/Pilkada 2018," tutup Windarti.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply