» » Ratusan Peserta Ikuti Kontes Ternak Piala Bupati Cup 2019

MUNTILAN, kabarMagelang.com__Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang menggelar kontes ternak piala Bupati Cup 2019, di Pasar Hewan Muntilan, Kabupaten Magelang, Selasa (19/3). Kontes ternak Bupati Cup 2019 ini berhadiah ratusan juta dan diikuti oleh ratusan kontestan.

Kepala Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, Sri Hartini, mengatakan, lomba kontes ternak Piala Bupati Cup 2019 tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kota Mungkid ke-35.

"Tujuan untuk memberikan metode pembinaan kepada peternak agar bisa menghasilkan ternak-ternak yang unggul," ujarnya.

Dia menyebutkan, hewan ternak yang dilombakan meliputi, sapi potong sejumlah 48 ekor, yang terdiri dari induk 28 ekor, dara 5 ekor, dan pedet sebanyak 13 ekor. Kemudian sapi perah sebanyak 40 ekor, yang terdiri dari 22 ekor induk, 5 ekor dara, dan 13 pedet.

Sedang untuk kambing Jawa Randu khas Borobudur diikuti 12 ekor saja, yang dikarenakan populasinya masih belum begitu banyak. Kemudian Kambing PE (Peranakan Etawa) ada 200 ekor, yang datang dari Kabupaten Magelang maupun dari Yogyakarta.

"Untuk total hadiah pada lomba kontes ternak Piala Bupati Cup 2019 ini sebanyak Rp 156 juta," ungkap Hartini.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengatakan bahwa suksesnya kontes ternak ini  membuktikan bahwa para peternak di Kabupaten Magelang telah bekerja dengan keras dalam mengembangkan ternak-ternaknya.

“Kita berharap kontes semacam ini bisa dikembangkan pada sektor wisata. Kita tahu bahwa Kabupaten Magelang memiliki Candi Borobudur. Sapi-sapi yang berukuran besar ini bisa dijadikan alat transportasi tradisional dan memiliki nilai jual tersendiri bagi para wisatawan," katanya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply