Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Personel Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Kota Magelang Harus Peka

KOTA, kabarMagelang.com__Seluruh personel Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) harus peka terhadap tugas dan kondisi di lingkungan sekitar. Mereka merupakan garda terdepan menjaga ketertiban umum serta kondisifitas masyarakat.

Pesan tersebut disampaikan Walikota Magelang Sigit Widyonindito dalam acara Pembinaan Walikota Magelang pada peringatan HUT Damkar ke-100, HUT Satpol PP ke-69 dan HUT Satlinmas ke-57 tahun 2019 tingkat Kota Magelang, di Aula Adipura, komplek kantor Setda Kota Magelang, Selasa (19/3).

"Semua personel harus peka, tanpa harus menunggu perintah, kalau saudara lihat ada yang parkir di trotoar ya ditertibkan, saudara kan tahu kalau itu melanggar peraturan ketertiban umum. Jangan apatis," ujar Sigit, kepada ratusan personel Damkar, Satpol PP dan Satlinmas yang hadir dalam kegiatan itu.

Di sisi lain, Sigit bangga sekaligus berterimakasih karena sejauh ini mereka telah menjaga komitmen menjalankan tugas sesuai dengan keahlian masing-masing. Mereka ikut berperan menjadikan Kota Magelang tetap bersih, aman dan tertib. 

"Saya bangga, terimakasih telah berkomitmen terhadap tugas sesuai keahlian masing-masing. Saya berpesan dimanapun bertugas, laksanakanlah dengan baik, jangan setengah-setengah," ucapnya. 

Sigit mengingatkan para personel Damkar, Satpol PP, maupun Satlinmas, untuk selalu latihan fisik meski tidak sedang bertugas. Kemudian selalu mengedepankan pendekatan humanis ketika berhadapan masyarakat. 

"Tetap latihan fisik, jadi setiap saat kalau ada kejadian tidak kaget, siap siaga. Termasuk cek mobil. Personel juga harus punya kecerdasan berfikir misalnya kalau ada laporan kebakaran bodong (palsu)," katanya. 

Demikian juga dengan personel Satlinmas, yang diharapkan tetap berperan aktif bersama masyarakat menjaga keamanan, khususnya menjelang Pemilu 2019

Kepala Satpol PP Singgih Indri Pranggana, memaparkan tugas setiap satuan, baik Damkar, Satpol PP maupun Satlinmas, kini berkembang. Damkar misalnya, kata Singgih, kerap melakukan penanganan ular berbisa dan lebah. 

"Sering ada laporan warga yang tidak berani menangani lebah secara mandiri. Damkar juga melakukan pelatihan dan edukasi pelajar," papar Singgih. 

Begitu juga Satpo PP dan Satlinmas, selain bertugas melakukan penertiban, juga kerap ikut bergotong royong bersama masyarakat, membantu mengatur lalu lintas bersama Polri serta patroli bersepeda. 

Singgih menyebut, saat ini jumlah personel Satpol PP Kota Magelang mencapai 53 orang (ASN),  Banpol 74 orang, tenaga kontrak 9 orang, Damkar 48 orang dan Satlinmas inti 40 orang. Untuk sarana prasarana, memiliki truk, 4 mobil patroli, 1 mobil pengawalan, 7 mobil Damkar, dan lainnya. 

Sementara itu, pada kegiatan HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas tingkat Kota Magelang telah dimulai sejak Februari 2019, antara lain gelar pasukan, siraman rohani, mengikuti rapat kerja nasional (rakornas) di Pekanbaru dan upacara puncak peringatan di halaman Pemkot Magelang.
Tahun ini, Satlinmas Kota Magelang mendapat Juara 2 kinerja & inovasi Satlinmas tingkat Provinsi Jawa Tengah dan Juara 3 kinerja & inovasi Satpol-PP tingkat Jawa Tengah. (Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply