Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Wali Kota dan ASN Bawa Tumbler Sendiri Saat Rapat

KabarMagelang.com--Pemerintah Kota Magelang sudah memberlakukan pemakaian tumbler (botol minuman) pada kegiatan pemerintahan. Seperti terlihat ketika Coffee Morning dan Rapat Koordinator Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) Triwulan III tahun anggaran 2018 di Gedung Kyai Spanjang Kota Magelang, Senin (21/10).

Peserta rakorpok, yang meliputi Kepala OPD, Direktur BUMD, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) se-Kota Magelang, Camat hingga Lurah, itu tampak membawa tumbler dari rumah masing-masing. Termasuk Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina dan Sekretaris Daerah Joko Budiyono juga membawa tumbler sendiri.

Sementara penyelenggara rakorpok telah menyediakan air minum di dispenser dan beberapa termos. Penyelenggara juga menyediakan gelas bagi peserta yang tidak membawa tumbler.

"Ini upaya kita untuk ikut mengurangi penggunaan air minum kemasan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Kita tahu (air minum kemasan) akan jadi sampah yang sulit terurai," tutur Joko Budiyono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, usai kegiatan. 

Pada rapat tersebut, pihaknya juga menyediakan makanan kecil berupa makanan tradisional khas Magelang yang ditempatkan di wadah atau piring tersendiri. Ini berbeda karena biasanya makanan kecil dikemas memakai kardus.

"Tentu saja ini langkah kecil yang  membawa manfaat bagi lingkungan. Harapannya bisa diteruskan, ditiru oleh instansi lain, juga masyarakat. Demi bumi tercinta kita," Imbuhnya.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengapresiasi penggunaan tumbler pada setiap kegiatan pemerintahan. Ini langkah nyata untuk lingkungan, juga mewujudkan Kota Magelang yang bersih.

"Ini ide bagus, saya sangat apresiasi, saya juga bawa tumbler sendiri dari rumah. Ini menjadi pembelajaran kita semua, pentingnya menjaga lingkungan secara berkesinambungan. Kesadaran menjaga lingkungan memang harus dimulai dari diri kita sendiri," tuturnya.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala DLH Kota Magelang, Otros Trianto, menyatakan telah mengeluarkan surat edaran (SE) yang berisi tentang imbauan pada pejabat dan aparat sipil negara (ASN) untuk menggunakan tumbler sendiri ke kantor. Imbauan ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang berasal minuman kemasan dan sejenisnya.

"Melalui SE tersebut kami imbau para pejabat dan ASN untuk bawa tumbler ke kantor dan kebutuhan sehari-hari. Ini tidak lain untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan kita," ujar Otros.

Meski diakui Otros, imbauan ini tidak bisa langsung 100 persen menghilangkan produksi sampah plastik, akan tetapi setidaknya ada upaya untuk mengurangi serta membudayakan ramah lingkungan. 

"Para pejabat di lingkungan Pemkot Magelang bisa menjadi contoh bagi bawahannya, untuk mengganti minuman kemasan dengan tumbler yang bisa diisi ulang. Kalau ada acara/kegiatan bisa pakai gelas. Memang tidak bisa langsung 100 persen tapi minimal kita ada upAaya peduli dengan lingkungan," ucap Otros.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply