Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Ratusan Warga Desa Purwosari Gelar Festival Durian


kabarMagelang.com__Ratusan warga Desa Purwosari, Kecamatan Salaman Magelang, selenggarakan festival durian, di Dusun Saren desa setempat, Minggu (19/1/2020). Festival dengan kirab gunungan yang dibuat dari ratusan durian lokal ini sebagai rasa syukur warga atas hasil panen durian yang melimpah. Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, perangkat desa dan ratusan warga memikul gunungan durian dari perbatasan dusun menuju lapangan tempat acara.

Kepala Desa Purwosari, Hajar Budianto, menyebutkan terdapat berbagai jenis durian lokal hasil dari petani desa Purwosari yang tidak kalah dengan durian dari daerah lain.

"Semoga festival durian ini dapat terus berjalan setiap tahunnya, serta dapat mengangkat perekonomian warga Dusun Saren dan sekitarnya," katanya.

Selain itu pada festival ini juga di kenalkan berbagai jenis olahan buah durian seperti lemet, pepes lele durian, onde-onde, keripik pongge, dan lainnya. 

“Kita berharap semua jenis durian dan makanan olahan durian dari desa ini terjual habis dan dapat menjadi salah satu sentra durian di Kabupaten Magelang,” ujar Budi.

Wakil Bupati, Edi Cahyana, yang turut hadir dalam festival tersebut memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan festival durian yang dinilai berhasil. Pasalnya meskipun penyelenggaraan event ini terbilang cukup plosok tetapi dikenal hingga luar daerah bahkan nasional. 

"Saya dengar dari panitia tiket yang dijual untuk festival ini hanya 400 dan yang memesan lebih dari 3000 orang. Pemesannya juga tidak hanya warga Kabupaten Magelang saja, tetapi mulai dari luar kabupaten hingga luar Jawa ada," ujar Edi.

Da mengimbau agar festival durian yanh terselenggara tidak dimanfaatkan untuk menjual durian dari luar daerah, sebab akan menurunkan harga dan kualitasnya pasti akan berbeda.

"Mohon jangan mengimpor durian dari luar daerah untuk kegiatan festival semacam ini. Saya berharap durian berasal dari Desa Purwosari atau sekitar Kecamatan Salaman. Tentu buah durian tiap daerah memiliki rasa yang khas," pungkas Edi.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply