» » Isolasi Mandiri, 19 ODP Kota Magelang Dapat Bantuan Sembako


kabarMagelang.com__ Forum Tanggungjawab Lingkungan Sosial Perusahaan (TJLSP) Kota Magelang memberikan bantuan sembako kepada 19 orang dalam pemantauan (ODP) Corona Virus Diseases(Covid-19) di Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Secara simbolis bantuan berupa bingkisan itu diberikan oleh Ketua TJLSP Kota Magelang, Joko Budiyono, kepada Lurah Rejowinangun Utara, Tatok Sulistiyono, di kelurahan setempat, Rabu (8/4/2020).

Joko menjelaskan, 19 ODP tersebut merupakan warga yang melakukan 
isolasi mandiri setelah mudik dari Jakarta. Ia pun mengapresiasi kesadaran mereka, meski sebetulnya mereka membutuhkan biaya untuk menghidupi keluarga

“Maka bingkisan sembako ini setidaknya sebagai upaya untuk meringankan beban warga yang menjalani isolasi mandiri. Mereka di rumah tidak ke mana dan tidak bekerja,”katanya.

Dia berharap warga yang lainnya meniru apa yang dilakukan warga Rejowinangun Utara. Kesadaran ini yang menjadikan warga kota kompak memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Lurah Rejowinangun Utara, Totok Sulistiyono mengatakan, ODP kebanyakan warga yang pulang dari merantau termasuk berasal dari daerah episentrum Covid-19 yaitu Jakarta dan sekitarnya. Pihaknya telah menginstruksikan kepada RT/RW untuk mendata warga yang baru datang, entah dia daftar sendiri atau tidak pihak lingkungan wajib melaporkan.

“Petugas kesehatan dari puskesmas akan mendata untuk memantau pergerakan orang baik itu yang masuk ODP atau tidak. Karena kepedulian ini penting untuk memantau lalulintas orang disaat pandemi Covid-19,”katanya.

Petugas Kesehatan Puskesmas Pembantu Rejowinangun Utara, dr Therisa mengatakan kebanyakan ODP di Kelurahan Rejowinangun Utara adalah warga yang baru datang dari perantauan jumlahnya 19 orang. Kondisi mereka baik-baik saja dan belum mengalami gejala klinis Covid-19.

“Meski melakukan isolasi mandiri mereka tetap kami pantau. Hal ini untuk mengantisipasi jika sakit atau keluar rumah dan kontak dengan orang-orang di luar,”ujarnya.

Dalam isolasi mandiri ini, lanjut dia, ada warga yang hampir selesai dan ada pula yang baru jalan beberapa hari. Jenjang umurnyapun bervariasi dan sangat akomodatif terhadap petugas kesehatan.

Paket sembako ini berisi, 5 kg beras, 2 kg telor, 1 kg minyak goreng dan kecap. Bingkisan berjumlah 19 orang sesuai dengan jumlah ODP di daerah tersebut.

Dalam kesempatan itu, hadir juga Komandan Kodim (Dandim) 0705/Magelang, Letkol Czi Anto Indriyanto, yang juga secara simbolis menyerahkan bantuan kepada lurah. Bantuan juga datang dari Gugus Tugas (Gugas) Covid-19 Kota Magelang, yang diwakili juru bicara, dr Sri Harso. (Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply