» » » Forpimda Kota Magelang Ikuti Upacara HUT k-75 RI Secara Virtual

KabarMagelang.com__Upacara detik-detik proklamasi HUT ke-75 RI tingkat Kota Magelang berlangsung hikmat meski berlangsung secara virtual di Pendopo Pengabdian, Kompleks Rumah Dinas Wali Kota Magelang, Senin (17/8/2020).

Upacara diikuti oleh jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Magelang. Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito didampingi Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina dan Sekda Joko Budiyono. Mereka kompak mengenakan pakaian adat jawa. Begitu juga Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Pengadilan Negeri Kota Magelang.

Sedangkan Kapolres Magelang Kota dan perwakilan Dandim 0705 Magelang mengenakan seragam instansi masing-masing. Kegiatan ini juga diikuti oleh pejabat lingkungan pemerintah Kota Magelang.

Seluruh rangkaian kegiatan mengikuti upacara yang berlangsung di Istana Negara dengan pembina upacara Presiden Joko Widodo.

HUT ke-75 RI di Kota Magelang memang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Upacara berlangsung sederhana tanpa ada kemeriahan baik di tingkat nasional maupun di daerah.

Seluruhnya harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tidak terkecuali di Pendopo Pengabdian, peserta upacara wajib mengenakan masker, cuci tangan dan wajib melewati pengecekan suhu tubuh sebelum masuk lokasi.
 
"Tahun ini memang berbeda. Indonesia, bahkan dunia, sedang diuji dengan adanya pendemi Covid-19. Maka upacara dilaksanakan virtual, diikuti hanya beberapa peserta saja dan patuh pada protokol kesehatan," tutur Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Namun demikian, kata Sigit, tidak mengurangi esensi dari peringatan HUT RI. Semangat serta jiwa nasionalisme senantiasa tumbuh dan harus dipupuk dalam diri setiap warga.

"Dulu pahlawan kita berjuang melawan penjajah merebut kemerdekaan, maka sudah seharusnya melanjutkan perjuangan mereka sesuai dengan bidang masing-masing. Semuanya untuk Indonesia," katanya.

Sebelumnya, jajaran Forpimda juga menggelar malam tirakatan di lokasi yang sama. Tirakatan berlangsung sederhana, diisi dengan doa bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia. (Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply