Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Launching Bantuan Layanan Internet di Desa Jamuskauman Magelang

Ngluwar, kabarMagelang.com__Direktorat Pengembangan Pitalebar, Ditjen PPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Program Bantuan Pemerintah Penyediaan dalam penyediaan layanan Akses Internet Fixed Broadband dengan jaringan akses Fiber Optik di Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar, Kecamatan Ngluwar, Magelang, Kamis (30/6/2022).

Koordinator Infrastruktur Telekomunikasi Pita Lebar pada Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Singgih Yuniawan menjelaskan, program bantuan akses internet Fixed Broadband ini diberikan kepada para UMKM di desa-desa termasuk di Desa Jamuskauman dengan harapan bisa meningkatkan produktivitasnya, dengan memasarkannya melalui saluran digital.

Sehingga batasan-batasan area wilayah pemasaran menjadi tidak terbatas lagi, tidak hanya untuk lingkup Jamuskauman (Desa) maupun di wilayah Kabupaten Magelang saja tetapi bisa lintas kota bahkan lintas negara.

Program bantuan akses internet Fixed Broadband ini sendiri sudah dimulai sejak 2019 lalu, dan khusus untuk tahun 2022 ini diberikan untuk 39 desa yang ada di 6 Provinsi.

"Di Jawa Tengah ini yang paling banyak, ada mungkin sekitar 20 desa," jelas, Singgih.

Singgih berharap, kedepan akses internet Fixed Broadband ini bisa menjangkau lebih banyak desa atau daerah lagi karena memiliki keunggulan dengan menggunakan kabel fiber optik. Teknologi fiber optik sendiri pada internet dikenal cukup handal dan stabil, ditambah lagi untuk mendukung perkembangan jaringan seluler kedepannya (era 5G).

"Jika menggunakan fiber optik kecepatan yang akan dihasilkan oleh jaringan 5G akan lebih maksimal," terang, Singgih.

Ia menambahkan, selain untuk UMKM, bantuan akses internet Fixed Broadband ini juga untuk umum dengan kapasitas minimal 50 MG. 

"Program bantuan ini pun diberikan gratis oleh Kominfo selama 6 bulan kedepan. Dan harapannya nanti ke depan bisa dilanjutkan secara mandiri oleh para penerima manfaat ini," katanya.

Sementara Bupati Magelang Zaenal Arifin, menyambut baik, bahwa Kabupaten Magelang menjadi salah satu penerima Program Bantuan Pemerintah Penyediaan Layanan Akses Internet untuk masyarakat desa, dari 1.837 titik, yang tersebar di 14 Kabupaten dan sebanyak 1.705 titik UMKM penerima bantuan dan 132 titik Fasilitas Umum.

Dari bantuan itu, Kabupaten Magelang mendapat 247 titik yang terbagi di 3 desa, yaitu Desa Borobudur Kecamatan Borobudur, Desa Tuksongo Kecamatan Borobudur, dan Desa Jamuskauman Kecamatan Ngluwar.

"Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini, tentunya para pelaku industri dituntut harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, sehingga manajemen yang adaptif, responsif dan efektif diperlukan dalam mengelola industri kreatif, salah satunya dengan menggunakan layanan akses internet," kata, Zaenal.

Hadirnya program layanan akses internet ini, menjadi salah satu vitamin kehidupan bagi pelaku industri UMKM di Kabupaten Magelang maupun di daerah lainnya, setelah 2 tahun lebih dalam kondisi terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang melanda negeri.

Dia mendorong kegiatan program layanan akses internet ini, Pemerintah Kabupaten Magelang selalu terbuka kepada stakeholder, untuk bersinergi, bergotong royong, dalam rangka pemulihan ekonomi kerakyatan.

"Saya berharap kepada para pegiat UMKM, sepatutnya mensyukuri atas diterimanya bantuan ini, serta terus mendorong dan mengembangkan usaha yang dijalaninya secara tekun dan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki, yang pada akhirnya, bisa membangun keterhubungan antar-warga dalam ekonomi pasar," pungkas Zaenal.(Kbm2).

 

 

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply