Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Antisipasi Teror Pada Libur Nataru Polda Jateng Gelar Simulasi Pengamanan di Candi Borobudur

Borobudur, kabarMagelang.com__Persiapan libur panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Polda Jateng gelar simulasi pengamanan di obyek vital kawasan wisata Candi Borobudur,  Magelang (17/12/2022) dini hari. Simulasi yang dilaksanakan oleh Satbrimob Polda Jateng sejak pukul 04.30 wib tersebut guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan di kawasan super prioritas.

Wadansat Brimob Polda Jateng AKBP Arif Agung Winarno , mengatakan tujuan simulasi ini untuk menghadapi Nataru tahun 2022.

“Karena itu kami melaksanakan simulasi di tempat wisata yang menjadi prioritas pemerintah. Sehingga kita bisa mengantisipasi kejadian-kejadian yang dianggap itu suatu teror,” jelasnya di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Sabtu (17/12/2022).

Dia menilai bahwa langkah-langkah berupa latihan atau simulasi keamanan perlu dilakukan.

“Dari latihan itu diaplikasikan langsung melalui simulasi di objek vital. Contohnya hari ini kita laksanakan di kawasan wisata Candi Borobudur,” kata Arif.

Arif menyebutkan dalam simulasi personil yang dilibatkan terdiri dari Brimob Polda Jateng bersama Polresta Magelang.

“Selain itu,  kita juga berkoordinasi serta melibatkan dari Balai konservasi Borobudur kemudian dari Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB),” ujarnya.

Kolaborasi dengan semua pihak ini perlu dilakukan. Pasalnya  apabila ada kejadian di tempat objek vital wisata Candi Borobuudur dipastikan akan melibatkan semua pihak terutama dari pengamanan pertama.

“Kemudian juga dari pengamanan obyek yang lain, kita juga bekerja sama dengan stekholder yang lain,” terang Arif.

Adapun skenario simulasi yang digelar yakni adanya penyanderaan dari wisatawan, kemudian ada penemuan BOM.

“Selanjutnya bom kita jinakkan, lalu pembebasan sandra. Jadi itu semuanya sebenarnya simulasi kejadian sebenarnya, yang kita alami. Ditemukan bom, ada penyandraan di tempat-tempat obyek wisata atau obyek vital dan kita penanganannya seperti tahapan tadi,” paparnya.

Sementara itu GM TWCB,  Jamaludin Mawardi menyampaikan hal ini dilakukan sebagai antisipasi paska kejadian di Bandung kemarin. Sehingga sekiranya keamanan di kawasan Candi Borobudur ditingkatkan.

“Alhamdulillah pagi ini kita di support dari Jawa Tengah satuan Brimob Jayabaya untuk adanya simulasi ini. Hal ini membuktikan bahwa kita pengelola baik itu TWCB, BKB dan stake holder perlu bekerja sama,”katanya.

Ia menyebutkan, hal itu nantinya bagaimana dalam pengamanan di Candi Borobudur.

“Apalagi nanti dalam waktu dekat kita juga akan disibukkan dengan libur Natal tahun. Barang tentu wisatawan akan bertambah banyak. Jadi soso pengamanan menjadi prioritas utama kami sehingga simulasi ini tadi pagi dilaksanakan dan alhamdulillah bisa berjalan,” pungkas Jamal.(Kbm2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply