Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkab Magelang Gelar Upacara Peringatan Hari OTDA Ke-27

kabarMagelang.com__Pemerintah Kabupaten Magelang melaksanakan upacara peringatan hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-27 Tahun 2023 di halaman Setda Kabupaten Magelang, yang dipimpin langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin sebagai inspektur upacara.

Upacara peringatan hari OTDA ke-27 ini juga dihadiri oleh jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang beserta para pejabat dan Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan, melalui upacara peringatan hari OTDA ini, telah mengingatkan kembali tentang filosofi otonomi daerah. Banyak hal dan harapan tentang otonomi daerah yang ditekankan seperti kemandirian fiskal dengan harapan daerah dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.

Namun demikian, Menteri Dalam Negeri juga memberikan catatan, ada beberapa daerah yang ternyata masih belum mengalami kemajuan. Bahkan dari sisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih kurang dari 20 persen, dan masih banyak daerah butuh uluran tangan dari Pemerintah Pusat.

"Maka Mendagri mengajak kepada daerah-daerah untuk memperbanyak inovasi-inovasi kita, agar seluruh dari kegiatan di Pemerintahan Daerah ini tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga harapannya dapat memaksimalkan PAD untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Magelang," kata, Zaenal Arifin usai melaksanakan upacara peringatan hari OTDA ke-27, Jumat (28/4/2023).

Zaenal Arifin mengatakan, Mendagri juga menekankan untuk beberapa anggaran lebih diprioritaskan untuk kesejahteraan masyarakat, baik itu infrastruktur maupun yang lainnya.

"Jadi ini momentum dan koreksi bagi kami di Pemerintah Daerah untuk memaksimalkan lagi potensi yang ada di daerah dan bagaimana memaksimalkan anggaran yang sudah dimiliki ini agar lebih efektif dan efisien dan benar-benar digunakan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Untuk diketahui, PAD di Kabupaten Magelang saat ini sudah pada angka 23,35 persen lebih tinggi dari target yang diberikan oleh Mendagri.

Disamping itu, Zaenal juga menyampaikan bahwa Stunting juga menjadi salah satu skala prioritas yang harus segera diatasi, di mana Indonesia akan segera memasuki masa keemasan pada 2045 dan membutuhkan sumber daya manusia yang unggul.

"Artinya sumber daya manusia yang unggul ini adalah anak-anak yang lahir tidak memiliki kebutuhan khusus," ujar, Zaenal.(kmgl/Hak).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply