Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kelas Industri SMK I Muhammadiyah Muntilan Jadi Unggulan Peluang Kerja Lulusan

14 Agustus 2023, kabarMagelang.com__SMK I Muhammadiyah Muntilan bekerjasama dengan PT. Mitrametal Perkasa (MMP) Karawang, yeng merupakan anak perusahaan dari PT, Chemco Harapan Nusantara resmi melauncing kelas industry, Sabtu (12/8/2023).

Acara yang digelar dihalaman SMK I Muhammadiyah Muntilan tersebut selain dihadiri wali siswa kelas industry, juga dihadiri Direktur PT. Chemco Harapan Nusansatara Tata Herdjenfra Widhisatmaka, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Propinsi Jawa Tengah, Dr. Nikmah Nurbaity, S.Pd, M.Pd, B.I, Ketua PDM Kabupaten Magelang Muhammad Nassirudin, dan beberapa perwakilan LPK serta akademisi dari Intidar Magelang.

Ketua Panitia yang juga Wakil Kepala Bagian Humas dan Industri Agus Saputro S.Pd dalam sambutanya menyampaikan bahwa SMK I Muhammadiyah Muntilan merupakan salah satu SMK unggulan di Kabupaten Magelang.

“Persaingan tingkat SMK di Kecamatan Muntilan paling banyak di Kabupaten Magelang disbanding dengan kecamatan yang lain. Oleh karena itu SMK I Muhammadiyah Muntilan harus melakukan terobosan-terobosan supaya tetap eksis, jangan sampai menurun,” ungkapnya.

Ditahun ini atas seijin Kepala Sekolah dan bersama para guru bahu-membahu untuk membuka program keahlian kelas industry, (sekolah berbasis industry) bekerjasama dengan LPK Kabupaten Magelang serta PT. Mitra Metal Perkasa Karawang.

Sebelumnya SMK I Muhammadiyah Muntilan telah melakukan berbagai studi di beberapa SMK luar daerah terkait program kelas industri yang sudah mereka jalankan, diantaranya di SMK Temanggung, dan Magetan Jawa Timur.

“Maka kemudian secara teori, kelas industry seperti apa telah kita dapatkan, namun setelah kita pelajari kalau cuma teori saja itu tidak ada artinya. Maka kemudian kita mengaplikasikan dengan membuka kelas indutri ini,” jelas Agus.

Dia menilai bahwa kemajuan teknologi seperti sekarang apalagi kebutuhan industry modern, SMK tidak hanya dituntut meluluskan saja. Akan tetapi bagaimana caranya menempatkan tamatanya bekerja di industry.

“maka dengan dibukanya kelas Industi ini kita berharap SMK I Muhammadiyah Mutilan selalu jaya sesuai dengan misi sekolah mengantarkan siswa bersaing di era global,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMK I Muhammadiyah Muntilan Sutrisno ST,  mengatakan kerjasama dengan PT. MMP ini sebenarnya sudah berjalan selama dua tahun. Namun untuk Lonching dilaksankan pada hari ini karena waktu yang ada dari industry menghendaki untuk hari ini.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada industry, khusunya direktur PT. Chemco Harapan Nusantara yang selalu terbuka untuk membimbing sekolah SMK I Muhammadiyah Muntilan ini.

“Kami berharap setelah launching ini,  anak-anak di kelas 11 ini nantinya bisa praktek kerja industry, baik di PT. MPP maupun PT. Chemco Harapan Nusantara. Selain itu kelas industry yang sudah branding ini selalu mendapat dukungan dari siswa maupun wali siswa, karena setelah lulus bisa langsung kerja,” harap Sutrisno.

Sementara itu Direktur PT. Chemco Harapan Nusantara Tata Herdjenfra Widhisatmaka, menyebutkan sampai saat ini yang telah bergabung dan bekerja sama dengan PT. MMP sebanyak 1500 SMK tersebar di seluruh Jawa.

“Kalau di Magelang sendiri yang sudah bekerjasama dengan kita sudah puluhan SMK,” ujarnya.

Dalam kerjasama yang sudah dibangun, pihaknya berkeinginan ikut mendidik anak-anak yang mampu menguasai teknolgi, mampu bisa langsung bekerja, dan mampu mengenal budaya industry, sehingga saat mereka bekerja tidak kaget.

“Tetapi yang jelas pembelajaran ini adalah ilmunya yang dipentingkan, mereka harus punya kompetensi dan unggul dari yang lainya,” katanya.

Dia menambahkan untuk SMK I Muhammadiyah Muntilan ini lebih terkait pada komitmen dari sekolah dan guru, dan bukan uang semata.

“Tidak ada uang sama sekali, tetapi komitmen ini, saya berbicara secara hati. Hati bersama sekolah dan guru mau  memngun anaknya itu ada atau tidak. Semua gurunya manusia, bangunan sekolahnya ada,  tetapi kalau tidak punya hati dan komitmen, tidak mau repot untuk anak-anaknya ya percuma,” tegasnya.(kmgl/az). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply