Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kapolresta Magelang Datangi Lokasi Kebakaran di Hutan Gunung Andong

kabarMagelang.com__Kebakaran hutan melanda kawasan perhutani petak 26 dan 27 yang berada di Gunung Andong, Dusun Temu Kidul, Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Magelang,. Kebakaran tersebut termonitor melalui kepulan asap oleh Petugas Resort Pemangku Hutan (RPH) Ngablak, sejak Kamis (10/8/2023) siang.

Begitu mendapatkan laporan kejadian kebakaran, Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, S.I.K.,S.H.,M.H., segera mendatangi ke lokasi kejadian.

Dalam peristiwa ini terdapat rerumputan/ ilalang kering yang terbakar, yang merupakan lahan milik Perhutani. Beruntung lokasi kebakaran tidak digunakan untuk wisata atau Pertanian, serta jarang dilewati warga, sehingga tidak menimbulkan korban.

Penyebab kebakaran hingga saat ini belum diketahui secara pasti,  namun, dimungkinan akibat serapan panas dari kondisi tanah kering & ilalang dalam jumlah yang banyak.

Lokasi kejadian berada jauh dari pemukiman penduduk, dengan tebing curam serta kondisi yang sulit dijangkau oleh manusia. Jarak lokasi kebakaran dari pemukiman penduduk kurang lebih 8 km hanya bisa ditempuh selama 2 jam berjalan kaki.

"Kami telah mengambil langkah berkoordinasi dengan instansi terkait, Perhutani, BPBD, Relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) Base Camp Gunung Andong dan warga berupaya melaksanakan pemadaman serta melakukan teknik penyekatan  agar api tidak menjalar. Kita menghimbau kepada pengelola basecamp agar segera menutup semua kegiatan  di sekitar lokasi agar steril," kata Kapolresta Magelang Kombes Pol. Ruruh Wicaksono.

Dia menyebutkan sudah ada 25 orang terdiri Perhutani, Masyarakat, dan MPA Basecamp Gunung Andong berupaya memadamkan api secara manual namun tidak berhasil, sampai menjelang maghrib kemudian meninggalkan lokasi karena cuaca tidak memungkinkan.

“Hingga pukul 20.15 WIB api terpantau mulai mengecil terlihat dari pos pemantauan Karhutla,” ungkapnya.

Saat ini Petugas dari Perhutani, masyarakat, Personel Polsek dan Koramil masih standby di Pos Pemantauan Karhutla rumah milik Bapak Jazuli, perangkat desa Jogoyasan, sambil memantau perkembangan kebakaran serta menentukan langkah langkah selanjutnya.

Kapolsek Ngablak  Iptu Suhartoyo menjelaskan bahwa api pertama kali diketahui oleh warga sekitar sekira pukul 11.30 Wib di puncak Gunung Andong dan warga kemudian segera melaporkan insiden ini kepada pihak kepolisian. Saat ini sterilisasi lokasi puncak Gunung Andong sudah dilakukan.(kmgl/az).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply