» » Seorang Penambang Pasir Tewas Tertimpa Longsor


DUKUN, KABARMAGELANG.com__Kuswanto (42) warga Dusun Ngargotontro, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, tewas tertimbun longsoran tebing penambangan pasir di alur sungai Senowo Desa Keningar, Kecamatan Dukun, sementara dua orang rekan korban selamat,
 Minggu (24/4). 

Saksi mata Sujarwanto menerangkan, bahwa Korban bersama dengan dua temannya Solikhin, (40) dan Ngatemin (50 ) pukul 08.00 mulai menambang pasir di lahan Kontrakan Manual galian C milik korban di bantaran Sungai Senowo, yang berada di bawah tebing setinggi 25 meter. Sekitar jam.12.00 wib saat korban mencongkel batu yang merupakan penyangga tebing.

 “Tiba-tiba tebing longsor, Solihkin dan Ngatemin bisa menghindar, namun naas korban Kuswanto tidak sempat menyelamatkan diri, sehingga tertimpa longsoran Batu dan Pasir, “ungkapnya.

Polisi yang datang ke tempat kejadian perkara (TKP) bersama dokter Puskesmas Dukun,  terpaksa mengevakuasi korban dengan menggunakan alat berat karena longsoran sangat tebal. Setelah korban berhasil di evakuasi petugas segera melakukan visum. 

“Korban meninggal mengalami luka memar pada kepala, telinga mengeluarkan darah, dan sekujur tubuhnya lecet, “jelas dr. Edi suharso.

Salah satu Tokoh masyarakat Desa Keningar Tohari mengatakan,  sudah berulang kali para penambang di arahkan dan di nasehati agar tidak mengambil pasir dan batu secara manual di dekat tebing dikarenakan tebing tersebut tanahnya sangat labil. 

“Namun kebanyakan penambang manual mengabaikan larangan tersebut sehingga sering terjadi kecelakaan kerja, “ucapnya.

Polisi menyimpulkan bahwa Kejadian tersebut murni kelalaian korban yang menyebabkan kecelakaan dan meninggal dunia.  Korban  oleh Polsek Dukun selanjutnya diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan.

“Kami menghimbau agar kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi penambang agar lebih berhati-hati. Jangan. Jangan sampai melupakan keselamatan, “tegas KA SPK Aiptu Sukardi, Anggota Intel Reskrim Polsek Dukun. (hump/zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar:

Leave a Reply