Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkot Tetapkan Tarif Retribusi Pengunjung Gunung Tidar

KOTA, Kabarmagelang.com__Pemerintah Kota Magelang melalui UPT Kawasan Gunung Tidar menerapkan kebijakan penarikan retribusi kepada para pengunjung. Penarikan tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (perda) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perda Nomor 18 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Kepala UPT Kawasan Gunung Tidar, Widodo mengatakan, tarif retribusi yang diberlakukan bagi para pengunjung gunung tersebut sebesar Rp3000 per orang sekali masuk.

"Penarikan retribusi ini sudah diberlakukan sejak tanggal 3 Oktober 2017 kemarin. Selama tiga bulan ke depan, akan terus kita sosialisasikan," jelas Widodo.

Dia mengatakan, selama masa sosialisasi, pihaknya juga memberlakukan kebijakan berupa keringanan pembayaran retribusi bagi pengunjung yang belum tahu dan belum mempersiapkan biaya tersendiri. Terutama bagi pengunjung pelajar.

"Awal tahun nanti baru kita berlakukan menyeluruh," imbuhnya.

Menurut Widodo, retribusi nanti akan masuk ke kas daerah Pemkot Magelang yang kemudian dikembalikan lagi kepada pengunjung dalam bentuk perbaikan perbaikan pelayanan, fasilitas, dan sarana prasarana.

"Dana yang dikumpulkan dari retribusi tersebut juga akan diwujudkan sebagai dana pembangunan, pemeliharaan, asuransi pengunjung. Pengelolanya Pemkot Magelang langsung," terang Widodo.

Kabag Humas Pemkot Magelang, Catur Sawahyo menambahkan, jumlah pengunjung  Gunung Tidar dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Untuk tahun 2017 ini, sejak Januari hingga akhir bulan September, tercatat ada sebanyak 119.395 wisatawan.  Meningkat dari kunjungan pada periode yang sama tahun 2016 lalu sebanyak 82.696 wisatawan.

"Seiring dengan penambahan jumlah pengunjung, fasilitas dan sarana prasarana juga mulai ada perbaikan. Seperti tangga menuju puncak Tidar yang sudah cor blok, kemudian pegangan di kanan kiri jalan, penataan puncak Tidar, dan lainnya," kata Catur.

Selain itu, Catur juga menghimbau kepada warga sekitar maupun pengunjung untuk terus menjaga kebersihan. Mengingat, Gunung Tidar merupakan ikon wisata religi Kota Magelang dan dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar negri. (Kb.M1)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply