» » Tekan Angka Kecelakaan Libur Natal Dan Tahun Baru Puluhan Sopir Bus Jalani Test Urine

MUNTILAN, KABARMAGELANG.com__Guna menekan angka kecelakaan pada libur Natal dan tahun baru 2018, petugas gabungan melakukan test urine kepada sejumlah sopir bus di terminal Muntilan, Magelang Sabtu (23/12). Tim yang melibatkan personel dari Satlantas Polres Magelang, Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang dan Dinas Perhubungan, tersebut juga melakukan pemeriksaan kendaraan untuk mengetahui kondisi kelaikan armada.


Kasatlantas Polres Magelang, AKP Setya Budi Waspada mengatakan semua sopir angkutan umum terutama bus dilakukan test kesehatan. Termasuk juga harus menjalani test urine.

“Selain untuk menekan angka kecelakaan, juga memberikan rasa aman khususnya bagi penumpang, maupun diri sopir itu sendiri,”

Dia menyebutkan pada hari pertama pemeriksaan ini sedikitnya 30 orang sopir bus menjalani test kesehatan dan test urine yang dilakukan oleh Dokter dari kepolisian Resort Magelang.

“Sejauh ini belum ada sopir bus yang terbukti mengkonsumsi narkoba. Hanya ada beberapa mengalami sakit ringan. Bagi sopir yang sakit kita sediakan obat-obat secara gratis,” jelas  Waspada.

Sementara Staf Divisi Lalulintas wilayah IV Yulianto, menjelaskan setiap bus yang masuk ke Terminal Muntilan dilakukan pemeriksaan baik kelayaan maupun kelengkapan kendaraan.

“Setiap hari kita lakukan pemeriksaan meliputi kelaikan jalan yaitu, rem, lampu, spion, dan ban semua harus standart,” ujarnya.

Dia juga menegaskan, untuk bus yang tidak memenuhi standart kelaikan jalan, dilarang jalan sebelum di perbaiki,

“Kita beri peringatan, dengan menahan bus di terminal sampai benar-benar sudah laik jalan,” tegas Yulianto. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply