Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Dinas Peterikan Kabupaten Magelang Periksa Kesehatan Hewan Kurban

 
Mungkid, kabarMagelang.com__Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439H/2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Peterikan), melakukan giat pengecekan kesehatan hewan kurban di sejumlah pedagang maupun pengepul hewan kurban di seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang. Hal tersebut dilakukan guna memastikan bahwa hewan-hewan yang akan digunakan untuk kurban benar-benar sehat dan layak.

"Pengecekan ini akan dilakukan selama 7 hari di seluruh kecamatan di Kabupaten Magelang, dengan melibatkan tenaga bidang kesehatan hewan dan masyarakat feterinair, dengan sasaran para pedagang hewan kurban dan di sejumlah pengepul serta pemotongan hewan kurban di Kabupaten Magelang" ujar Kepala Dinas Peterikan, Sri Hartini, di sela-sela  pengecekan hewan kurban pada Pengepul  di Dusun Karanganyar, Desa Rambeanak 3, Kecamatan Mungkid, Magelang, Kamis (9/8).

Pengecekan dilakukan pada semua jenis hewan kurban, antara lain, 200 ekor sapi, 500 ekor kambing, dan 400 ekor domba. Bagi masyarakat yang akan membeli hewan kurban diharapkan lebih berhati-hati dalam memilih hewan kurban.

"Untuk hewan dinyatakan sehat,  akan diberikan tanda dan cap kesehatan. Untuk itu  kami menghimbau kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sudah kami berikan tanda layak (sehat),” jelasnya.

Salah satu petugas Tenaga Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Feterinair, Tri Hartati, menyatakan bahwa berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan rata-rata hewan kurban dalam kondisi layak.

"Dari pemeriksaan secara eksterior (dari luar) rata-rata hewan kurban dalam kondisi sehat. Kami sudah melakukan beberapa pemeriksaan, seperti kecacatan hewan, kesehatan hewan, usia hewan layak jual, semuanya sudah memenuhi syarat. Meski ada beberapa sapi yang mengalami seperti flu, namun kami sudah memberikan pengobatan dengan pemberian vitamin. Mungkin hal tersebut juga bisa karena pengaruh cuaca,”  tandasnya.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply