» » Kebun Bibit Senopati Kota Magelang Makin Viral

Kota, kabarMagelang.com--Kebun Bibit Senopati (KBS) makin populer dan viral di masyarakat. Karena itu membuat tertarik Insan Pariwisata Indonesia (IPI) se-Jawa dan perwakilan IPI Kepulauan Riau serta Nusa Tenggara Barat (NTB) tertarik mengunjungi kebun tersebut, beberapa waktu lalu.
                
Sebanyak 90 orang berkunjung ke KBS dengan didampingi Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang. Mereka berkeliling kebun yang ditanami beragam jenis bunga, termasuk pembudidayaan berbagai macam anggrek.
                
Kabid Pengembangan SDM IPI, Tito yang juga pimpinan rombongan mengatakan, pihaknya kagum atas penataan dan kebersihan KBS yang dinilai sangat baik. Kerapihan dan estetika juga semuanya terpola dengan baik.
                
“Ditambah lagi keragaman jenis tanaman hias yang sangat variatif, sehingga menarik dikunjungi. Kondisi KBS saat ini harus dipertahankan. Mungkin hanya perlu ditambah keragaman jenis tanamannya dan ditempatkan menyerupai cluster-cluster, sehingga lebih mudah dikenali,” ujarnya di sela acara.
               
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko melalui Kasi Prasarana dan Sarana Pertanian, Yhan Noercahyo Wibowo mengaku, menyambut baik kunjungan para insan pariwisata ini ke KBS di Jalan Senopati Magelang.
                
“Luasan KBS sekitar 3.950 m2. Awalnya hanya memiliki dua bangunan green house untuk ruang produksi/budidaya tanaman hias. Pelan-pelan mulai melebarkan fungsi dan manfaatnya untuk melayani masyarakat yang ingin belajar budidaya tanaman hias,” katanya.
               
Sejauh ini, katanya, KBS tidak hanya untuk budidaya tanaman hias saja, tapi menjelma menjadi destinasi pariwisata baru yang menarik minat pengunjung untuk datang. Wisatawan yang datang tidak hanya untuk belajar tanaman hias, tapi juga ada yang sekadar berswafoto (selfie).
                
“Meski begitu, kami tetap getol mengenalkan keragaman jenis tanaman hias di KBS ini, baik berasal dari dataran rendah, sedang, maupun tinggi. Di KBS sekarang ada lebih dari 300 jenis tanaman dari berbagai ketinggian tersebut, seperti red salvia, sakurajawa, anggrek, bougenvil, dan lainnya,” jelasnya.
                
Sementara itu, Sekretaris Disporapar Kota Magelang, Aeny Setyawati mengungkapkan, pihaknya terus gencar memperkenalkan destinasi wisata yang ada, termasuk KBS. Hal ini untuk menyukseskan branding Magelang Kota Sejuta Bunga Jilid II yang dicanangkan Wali Kota Magelang.
                
“Kunjungan delegasi IPI ini sebagai promosi pariwisata yang diharapkan dapat menarik sebanyak mungkin wisatawan yang datang dari luar daerah. Setelah pulang, mereka bisa bercerita ke orang lain di darahnya bahwa, Kota Magelang punya kebun bibit yang keren,” ungkapnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply