» » TP PKK Mitra Kerja Pemerintah Daerah dalam Percepatan Pembangunan


kabarMagelang.com__Tim Penggerak PKK merupakan mitra Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dalam pembangunan Kota Magelang. Oleh karena itu, beberapa program kerja keduanya saling berkaitan.

"Kami mendukung PKK sebagai mitra dari pemerintah. Bersama - sama menjalankan program kerja yang saling berkaitan antara OPD dan PKK," kata Tim Pembina PKK Kota Magelang, Retnorini Sariningrum, disela kegiatan rapat koordinasi (rakor) Tim Pembina PKK dan Tim Penggerak PKK Kota Magelang di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Selasa (26/11).

Retno, yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) DP4KB itu, menyebutkan beberapa program kerja OPD yang berkaitan dengan PKK antara lain Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa dari Diskominsta; Peningkatan Pelayanan Angkutan, Peningkatan dan Pengamanan Lalu Lintas (Dinas Perhubungan); Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Rehabilitasi Sosial dan Pemberdayaan Sosial (Dinas Sosial).

Kemudian, lanjut Retno, program Peningkatan Promosi dan Kerjasama Investasi (DPMPTSP); Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Kelurahan, Perbaikan Gizi Masyarakat, Peningkatan Peran Perempuan (DP4KB); Penataan Administrasi Kependudukan (Disdukcapil) dan lainnya.

"Lalu program Forikan (Disperpa), pengembangan inovasi kader PKK (Balitbang), pengurangan sampah (Dinas Lingkungan Hidup) dan lainnya," paparnya.

Sementara itu, dalam rakor tersebut diikuti sebanyak 120 orang peserta yang terdiri dari OPD terkait selaku Tim Pembina PKK, camat dan lurah se Kota Magelang, pengurus TP PKK Kota Magelang, Ketua TP PKK Kecamatan dan TP PKK Kelurahan. 

Ketua Penyelenggaram Moerti Sri Wardani, menjelaskan tujuan rakor adalah menyamakan persepsi dan memelihara komitmen para pengurus TP PKK baik tingkat kota, kecamatan maupun kelurahan serta memantapkan program – program PKK yang akan dilaksanakan tahun anggaran 2020. 

Menurutnya, adanya sinergitas sehingga semua kegiatan yang ada di OPD bisa mengikut sertakan PKK. "TP PKK sebagai mitra pemerintah mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya untuk membantu percepatan pembangunan," paparnya.

Ketua TP PKK Kota Magelang Yetti Sigit Widyonindito, mengemukakan rapat koordinasi ini bisa menjadikan stakeholder dan pihak terkait mampu meningkatkan cakupan dan kualitas layanan program PKK melalui pemberdayaan masyarakat dan kerja sama antar sektor.

Adapun maksud dari rakor ini sebagai media realisasi visi dan misi TP PKK Kota Magelang serta bertujuan untuk sinkronisasi program TP PKK Kota Magelang, serta untuk mewujudkan sinkronisasi program pemerintah daerah khususnya OPD terkait.

"Juga sebagai sarana sinergi program-program apa yang bisa diakses oleh PKK, begitu juga sebaliknya, bagaimana kita bisa bergandeng tangan dengan opd untuk semakin memantapkan program kepada masyarakat," tandasnya.(Kb.M2)

About kabarmagelang.com

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply