» » Sulit Elpiji 3 kg Tembus Rp 20 ribu


KABARMAGELANG.COM_Sepekan terakhir  sebagian warga Magelang kembali kesulitan memperoleh gas elpiji. Tidak jarang mereka harus mencari ke luar daerah untuk mendapatkan bahan bakar bersubsidi ukuran 3 kilogram yang saat ini sudah mencapai Rp 20 ribu per tabung.

Puji Hartono salah satu warga perumahan Maliyan, Kecamatan Mertoyudan mengaku, sudah satu minggu terakhir kesulitan memperoleh gas melon itu. Dia bahkan sempat berkeliling hingga beberapa penjual pengecer untuk mendapat gas 3 kg.

"Saya sudah berkeliling ke 10 toko semuanya kehabisan stok. Hingga akhirnya di jalan saya bertemu dengan penjual yang baru saja ambil dari pangkalan, lalu saya hentikan," katanya.

Sementara Wahid warga Desa Wonokerto Kecamatan Tegalrejo juga mengaku baru bisa memperoleh gas 3 kg satu minggu sekali. Dia terpaksa menggunakan kayu bakar dahulu sebelum mendapatkan gas melon tersebut.

“Saat pengecer di dekat rumah mendapat pasokan dari pangkalan. Saya harus berebut dengan banyak pembeli lainnya, apabila tidak mendapatkan jatah, untuk kebutuhan memasak di rumah, terpaksa memakai kayu bakar dulu," keluhnya.

Salah satu pemilik warung makan di Muntilan Siti Fatonah mengatakan, gas 3 kg tidak stabil setiap hari. Biasanya, stok elpiji lancar  dan mudah diperoleh satu hingga dua minggu, dan di minggu-minggu berikutnya terus sulit.

“Hal seperti ini sering terjadi ber ulang-ulang setelah harga gas yang 12 kg naik secara signifikan,” jelasnya.

Terpisah Heru pemilik pangkalan elpiji di Kecamatan Secang mengatakan, pasokan gas yang diterimanya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lama. Dia biasa mendapatkan pasokan 240 tabung elpiji 3 kg yang dikirim dalam dua tahap.


“Saya sering menolak pembeli yang datang dari luar Secang. Kami tidak bisa menambah pelanggan baru, karena tidak diizinkan menambah stok elpiji,"terangnya.

Diketahui Harga gas elpiji 3 kg mencapai Rp19 ribu bahkan tembus Rp20 ribu per tabung di beberapa tingkat pengecer. (zis)







About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply