» » Dua Rumah Jebol Diterjang Longsor



SALAMAN, KABARMAGELANG.com__Bencana tanah longsor menerjang wilayah Dusun Kranjang Lor 1, Desa Sidosari, Kecamatan Salaman Rabu (10/2) petang. Kejadian tersebut mengakibatkan dua rumah warga jebol, dan  sembilan jiwa terpaksa harus mengungsi di rumah warga lainya.

Longsoran tebing sepanjang 30 meter, tinggi 3 meter dan ketebalan 2 meter  tersebut menerjang rumah  Sarmadi, (80), dan Jarodin, (63). Dinding dua rumah itu jebol dibagian samping. Kergian diperkirakan mencapai Rp 15 juta.

"Awalnya hujan yang berlangsung sekitar pukul  12.00 sudah reda, tapi tiba-tiba hujan lagi. Setelah saya pulang dari masjid, rumah sudah kelongsoran," kata Rohmiati, (29), Kamis (11/2).

Kepala Desa Sidosari M Triyono menyatakan, sebelum peristiwa longsor terjadi, tanah  mengalami retak. Panjang rekahan tanah sekitar 10 meter dengan lebar 0,5 meter itu muncul seminggu sebelumnya. Setelah hujan deras, rekahan tanah semakin lebar dan menyebabkan longsor. "Tanah retak ini juga masih mengancam tiga rumah di bawahnya,"ungkapnya.
Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang dan beberapa elemen ikut membantu perbaikan rumah warga yang terkena dampak tanah longsor.  TNI, Polri dan relawan bersama warga  bahu membahu untuk meringankan beban penderitaan warga yang tertimpa musibah tersebut. BPBD dan  PMI Kabupaten Magelang juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada seluruh korban tanah longsor. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply