» » Pelaku Wisata Borobudur Sayangkan Rencana Menpar Membangun Chinatown Di Kota Magelang

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Wacana Menteri Pariwisata Arief Yahya membangun Chinatown bersama Tim Perrcepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas di Kota Magelang,  mendapat berbagai tanggapan pelaku wisata kawasan Candi Borobudur. Mereka berharap pembangunan Chinatown tersebut berada di sekitar Candi Borobudur, mengingat Candi peninggalan Dinasti Syailendra tersebut tidak berada di Kota Magelang.

"Saya berharap  Chinatown dibangun di sekitar Borobudur dan melibatkan masyarakat lokal. Saya analisa lokasi paling bagus ya di sekitar candi," kata pendiri Desa Bahasa Ngargogondo Borobudur Hani Sutrisno Jumat, (15/4).

Menurutnya Chinatown harus terintegrasi dengan Candi Borobudur. Kedua destinasi itu nantinya harus ada korelasi satu sama lain, sesuai dengan tujuan pembangunan dan peruntukanya.

"Harus ada sinergi antara Chinatown dan Candi Borobudur. Untuk itu lokasi paling cocok ya di Borobudur, paling tidak berada di wilayah Kabupaten Magelang, yang memiliki korelasi langsung dengan Candi Borobudur, "ujar Hani.

Hani juga menegaskan agar pembangunan  Chinatown juga melibatkan masyarakat lokal. Dia menilai bahwa keberadaan Chinatown akan sia-sia jika tidak bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

“Jika Chinatown tidak bersentuhan dengan masyarakat lokal,  ya tetap saja Kabupaten Magelang hanya buat lewat, “ucapnya.

Dia berharap Chinatown tidak hanya berisi rumah dan hotel saja, namun juga kampus pendidikan dwi bahasa serta homestay. Nantinya wisatawan Tionghoa bisa menginap dan belajar bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. “Dengan demikian wisatawan bisa ber lama- lama berada di Kabupaten Magelang, “harap Hani.

Rencana pembangunan Chinatown di Kota Magelang di sampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Edy Susanto. Dia mengaku sudah mengikuti Rapat Koordinasi (rakor) Pengembangan 10 Destinasi Prioritas di Jakarta 13 April lalu. Dimana dalam rakor disebutkan Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas, Kementrian Pariwisata bahwa akan dibangun Chinatown di Kota Magelang.

"Chinatown akan dibangun di Kota Magelang, Sudah banyak masyarakat yang menanyakan tentang pembangunan Chinatown ini. Namun konsep dan detailnya, kami juga kurang tahu,  silahkan konfirmasi ke Walikota Magelang," katanya.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply