» » Jelang Idul Adha Dinas Peterikan Melakukan Pemeriksaan Hewan Korban

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang mulai melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban, Selasa (29/8)) . Pemeriksaan di sejumlah peternakan dan tempat penjualan hewan dilakukan sebagai langkah antisipasi hewan berpenyakit menjelang Hari Raya Idul Adha.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, drh John Manglapy, mengatakan, kegiatan ini untuk mengantisipasi kasus penyakit hewan.

"Selain itu, juga agar masyarakat tahu bagaimana menyediakan daging korban yang aman, sehat, utuh, halal (ASUH)," jelasnya, di sela pemeriksaan, di tempat penjualan hewan korban Bayanan, Mungkid.

Dia menyebutkan, pemeriksaan yang dilakukan juga untuk mengetahui apakah hewan ternak sudah memenuhi syarat untuk dipotong atau belum.

"Yang kita periksa terutama umur hewan, kemudian kesehatan, dan kondisi lainnya," ujar John.

John menghimbau agar masyarakat lebih selektif dalam membeli hewan kurban. Pembeli harus memastikan bahwa hewan tersebut sudah dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan.

"Sejauh ini kami belum menemukan hewan yang berpenyakit, namun demikian kami meminta masyarakat antisipasi," ujarnya.

Diketahui Dinas Peterikan tahun ini menyiapkan 55 petugas untuk melayani sebanyak 372 desa diwilayah Kabupaten Magelang. Selain itu, juga menyiapkan posko pemeriksaan hewan yang ditempatkan di pasar hewan Muntilan.(Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply