» » Air Suci Waisak 2562 BE/2018 Disemayamkan Di Candi Mendut

MUNGKID, kabarMagelang.com__Sebanyak 12.000 botol air berkah Waisak 2562 BE/2018 dari Umbul Jumprit, Desa Tegalrejo, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, tiba di candi Mendut Magelang, Senin (28/5) sore. Setibanya di Candi Mendut air suci Waisak ini langsung di semayamkan di dalam Candi  seperti biasa melalui prosesi pradaksina dengan berjalan mengelilingi candi sebanyak tiga kali.  

Prosesi dilanjutkan dengan pembacaan doa parita suci, yang diikuti oleh ratusan umat Budha dari tiga sangha yakni sangha Theravada, Mahayana, dan Tantrayana.

Ketua umum Walubi Hartati Murdaya menyampaikan bahwa air merpakan simbul kesejukan, kemakmuran, dan kerendahan hati. Air selalu mengalir ke bawah, air untuk membersihkan jiwa manusia.

“Manusia seringkali diliputi pikiran yang kotor, keserakahan, dan kesombongan. Jadi dengan pengambilan air suci ini agar manusia membersihkan jiwanya dengan selalu mengkoreksi diri,” katanya.

Dia berharap dengan pengambilan air suci ini agar manusia di seluruh dunia bisa sadar untuk mengikuti seperti apa yang diajarkan oleh sang Budha yakni hidup dengan penih cinta kasih tanpa membedakan aliran dan agama.

“Harus mempunyai cinta kasih terhadap sesama, saling membantu, tidak egois dengan kepentinganya sendiri,” ungkap Hartati.

Direncanakan besok siang (29/5) air suci dan api abadi akan di bawa ke Candi Borobudur dengan prosesi arak-arakan oleh ribuan umat Budha menyambut Puncak perayaan Tri Suci Waisak 2562 BE/2018, dimana umat Budha akan menerbangkan 1000 lampion yang dipusatkan di pelataran candi Borobudur.(Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply